Rabu, 03 April 2013

SIFAT SHIDDIQ



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahir Rahmaanir Rahiim

Sahabat saudaraku fillah...Salah satu sifat terpuji yang hendaknya kita miliki adalah sifat shiddiq ( benar atau jujur) baik dalam perkataan, sikap maupun perbuatan.
Saudaraku... Sesungguhnya kebenaran atau kejujuran merupakan pangkal kebaikan yang akan mengantarkan kita pada kebahagiaan dunia dan akhirat. "Hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa ke surga."(HR.Bukhari).

Selain itu kebenaran atau kejujuran menjadi salah satu faktor yang membuat kita tak akan mengalami kerugian walaupun hal-hal yang bersifat materi tak kita miliki. "Empat perkara yang apabila ada padamu, tidak akan merugikan akibat lepasnya dunia darimu, yaitu: memelihara amanah, tutur kata yang benar, akhlaq yang baik dan bersih dari tamak."(HR.Ahmad)

Saudaraku, sifat shiddiq merupakan akhlaq yang terpuji yang memberikan banyak keutamaan bagi yang memiliki,yakni :
Memperoleh ketenangan jiwa:
Jiwa yang tenang adalah modal yang amat berharga dalam meraih kehidupan yang bahagia. Manakala kita bersifat benar atau jujur, niscaya jiwa kita akan tenang. Namun sebaliknya jika berdusta maka jiwa kita akan gelisah." Dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwamu dan kamu tidak suka bila hal itu diketahui orang lain."(HR.Ahmad)
Memperoleh keberkahan hidup :
Keberkahan dalam hidup adalah kehidupan yang bermanfaat dalam kebaikan. Agar kita meraih keberkahan salah satunya harus berlaku benar atau jujur.
Memperoleh keselamatan :
Salah satu usaha untuk memperoleh keselamatan dunia dan akhirat adalah berlaku jujur walau terkadang membuat para pelaku dusta mencelakakan kita. Namun yakinlah kebenaran akan tegak di muka bumi.

Tercatat sebagai ahli kebenaran.
"Hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa pada kebaikan dan kebaikan membawa ke surga. Seseorang yang selalu jujur dan mencari kejujuran akan ditulis oleh Allah sebagai orang yang jujur."(HR.Bukhari).
Terhindar dari kemunafikan
"Tanda orang munafik ada tiga: apabila berkata ia dusta, bila berjanji ia ingkar , dan bila dipercaya ia khianat."(HR.Bukhari dan Muslim).
Dengan berlaku jujur kita akan terhindar dari sifat munafik.

Saudaraku, semoga untaian ini mampu menggugah semangat dan hati nurani kita untuk berlaku jujur yang akan membawa pada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Aamiin Ya Rabbal alamiin...